Minggu, 27 Maret 2011

NOKIA SOFTWARE UPDATER SETUP

Bisa langsung di download disini:
http://www.nokia.co.id/dukungan/software/update-software-perangkat
Selamat mencoba..

RESET PHONLOCK PADA BLACKBERRY

Di Blackberry ga da default security code spt di Nokia (12345) atau handset lainnya.
cara removenya harus wipe handheld . isi sembarng kode sbnyk 10x maka bb akan meminta untuk mewipe device
ketik blackberry , (agar aplikasi tidak hilang) jangan centang pilhn remove third party apps.
Blackberry akan restart dan load os dr awal.
kalau anda mempunyai program BBSAK tinggal pilih factory reset.
Jika anda belum punya bisa download di http://bbsak.org/download.php
Selamat mencoba.

Jumat, 25 Maret 2011

UPGRADE NOKIA ONLINE

Untuk rekan2 yang menggunakan handphone Nokia, untuk meningkatkan kinerja handphone bisa di UPGRADE atau menaikan versi softwarenya.
 Dibawah ini akan saya jelaskan apa saja yang dibutuhkan dan cara-cara upgrade secara online.

Persiapan
BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN PERANGKAT UNTUK MELAKUKAN PEMBARUAN?

Tips: Sebaiknya selalu cadangkan data sebelum memperbarui perangkat lunak. Namun, memperbarui menggunakan perangkat tidak harus memerlukan cadangan lengkap.Langkah 1    Langkah 2    Langkah 3
       
Ketik *#0000# di layar awal telepon atau buka Manajer perangkat (lihat buku petunjuk jika diperlukan)    Pilih Pilihan > Periksa pembaruan.    Ikuti perintah di layar hingga pembaruan selesai!


Petunjuk di atas mungkin tidak berlaku untuk semua perangkat. Untuk petunjuk rinci tentang cara memperbarui perangkat tertentu, pilih model pada halaman Pembaruan perangkat lunak perangkat.
Kembali ke atas

BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN PC UNTUK MELAKUKAN PEMBARUAN?

Catatan: Sebelum melakukan pembaruan, Anda mungkin ingin mencadangkan konten telepon menggunakan Nokia PC Suite. Konten dapat dikembalikan setelah pembaruan selesai.    1) Download dan instal Pembaruan Perangkat Lunak Nokia (hanya perlu dilakukan satu kali).
    2) Sambungkan telepon ke PC menggunakan kabel USB yang sesuai, lalu buka Pembaruan Perangkat Lunak Nokia.
    3) Ikuti perintah di layar hingga pembaruan selesai!

Kembali ke atas
BAGAIMANA CARA MEMASTIKAN SEMUA MUSIK DAN PERMAINAN AKAN BERFUNGSI SETELAH PEMBARUAN?

Untuk memastikan konten yang dilindungi DRM akan berfungsi setelah pembaruan perangkat lunak di perangkat, ikuti langkah-langkah berikut:
Gunakan Nokia PC Suite untuk mencadangkan memori perangkat dan gunakan Penyimpanan massal atau Pemutar media untuk mentransfer konten. Terdapat dua lokasi memori di perangkat, yakni memori internal dan drive hard disk/kartu memori.
Catatan: Konten yang dilindungi Windows Media DRM tidak dapat dicadangkan dan dikembalikan menggunakan metode ini, namun harus disinkronisasi dengan PC agar berfungsi kembali. Hak tambahan harus diambil dari penyedia konten, tergantung pada langganan konten.
Anda mungkin harus me-refresh perpustakaan musik setelah memperbarui perangkat.
Aplikasi dan permainan harus diinstal ulang setelah menggunakan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia. 
Kembali ke atas
METODE PEMBARUAN APA YANG HARUS DIGUNAKAN?

Tabel di bawah ini bertujuan sebagai panduan untuk membantu menentukan metode pembaruan yang paling sesuai untuk Anda. Tabel menunjukkan bahwa kedua metode pembaruan dapat diterapkan, namun perlu diketahui untuk alasan teknis dan alasan operasional lainnya, tidak semua pembaruan perangkat lunak tersedia dengan kedua metode pembaruan tersebut.

Aplikasi dan paket pembaruan perangkat lunak diberikan secara gratis oleh Nokia. Namun, jika melakukan pembaruan menggunakan perangkat, Anda akan dikenakan biaya transfer data oleh penyedia layanan selular. Untuk informasi rinci, hubungi penyedia layanan Anda.
Kondisi    
Metode pembaruan

Memiliki perangkat yang diaktifkan WiFi dan jalur akses WiFi   
Perbarui menggunakan perangkat

Memiliki perangkat dengan tingkat penggunaan data/Internet yang tidak terbatas atau tinggi   
Perbarui menggunakan perangkat

Tidak memiliki WiFi atau rencana data ponsel   
Perbarui menggunakan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia

Tidak memiliki PC yang dilengkapi Microsoft Windows XP atau Microsoft Vista   
Perbarui menggunakan perangkat

Tidak memiliki PC yang dilengkapi Internet kecepatan tinggi   
Perbarui menggunakan perangkat

Memiliki PC yang dilengkapi Windows XP atau Vista dan sambungan Internet kecepatan tinggi   
Perbarui menggunakan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia

Tidak memiliki kabel USB   
Perbarui menggunakan perangkat atau gunakan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia dengan kabel yang tersedia dari http://www.nokia.co.id/lokasi-retail.

Kembali ke atas
APA SEBENARNYA YANG SAYA PERBARUI?
Perangkat lunak perangkat
Perangkat lunak perangkat Nokia tertanam di memori perangkat serta dilengkapi aplikasi, misalnya kalender dan buku telepon. Perangkat lunak ini mirip dengan perangkat lunak sistem operasi di PC. Pembaruan terdiri dari fitur baru, aplikasi, dan peningkatan performa perangkat lunak. Pembaruan ini sama seperti pembaruan yang diperoleh di pusat Nokia Care dengan manfaat kenyamanan tambahan (Anda dapat melakukan pembaruan di lokasi manapun yang memiliki jangkauan jaringan atau sambungan Internet).

Data pengguna, misalnya kontak, foto, pesan, dan aplikasi tambahan seperti permainan Java atau aplikasi Symbian, bukan bagian dari perangkat lunak perangkat.

Pada model perangkat Nokia tertentu, data pengguna, misalnya kontak dan foto, akan dihapus bila Anda melakukan pembaruan menggunakan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia (Pembaruan Perangkat Lunak Nokia akan memberikan peringatan jika hal ini terjadi).

Jika Anda menggunakan perangkat untuk memperbarui perangkat lunak perangkat tersebut, data pengguna tidak akan dihapus.

Untuk komputer, kamera, dan perangkat lain yang berisi informasi penting, sebaiknya buat cadangan data sebelum Anda memperbarui perangkat lunak perangkat Nokia agar file tidak hilang.

Catatan: Nokia sangat menyarankan agar Anda terus memperbarui aplikasi dan perangkat lunak perangkat.

Catatan: Kemampuan perangkat lunak perangkat Nokia tidak dapat dialihkan ke versi sebelumnya. Setelah meningkatkan kemampuan perangkat, Anda tidak akan dapat mengembalikannya ke versi sebelumnya.

Catatan: Menggunakan perangkat atau Pembaruan Perangkat Lunak Nokia untuk memperbarui perangkat lunak perangkat tidak akan menghilangkan jaminan. Persyaratan dan ketentuan jaminan standar Nokia berlaku.

Catatan: Kemampuan perangkat dan perangkat lunak perangkat Nokia tidak dapat dialihkan ke versi sebelumnya. Setelah meningkatkan kemampuan perangkat, Anda tidak akan dapat mengembalikannya ke versi sebelumnya.

Catatan: Sewaktu memperbarui perangkat, panggilan dapat dibuat dan diterima saat perangkat lunak di-download, namun panggilan akan diakhiri tanpa peringatan sebelumnya bila tahap pembaruan dimulai.

Memperbarui perangkat lunak perangkat tidak akan mempengaruhi status penguncian jaringan perangkat Nokia (disebut juga penguncian SIM).

Perangkat lunak perangkat Nokia tertanam di memori perangkat serta dilengkapi aplikasi, misalnya kalender dan buku telepon. Perangkat lunak ini mirip dengan perangkat lunak sistem operasi di PC. Pembaruan terdiri dari fitur baru, aplikasi, dan peningkatan performa perangkat lunak. Pembaruan ini sama seperti pembaruan yang diperoleh di pusat Nokia Care dengan manfaat kenyamanan tambahan (Anda dapat melakukan pembaruan di lokasi manapun yang memiliki jangkauan jaringan atau sambungan Internet).

Data pengguna, misalnya kontak, foto, pesan, dan aplikasi tambahan seperti permainan Java atau aplikasi Symbian, bukan bagian dari perangkat lunak perangkat.

Pada model perangkat Nokia tertentu, data pengguna, misalnya kontak dan foto, akan dihapus bila Anda melakukan pembaruan menggunakan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia (Pembaruan Perangkat Lunak Nokia akan memberikan peringatan jika hal ini terjadi).

Jika Anda menggunakan perangkat untuk memperbarui perangkat lunak perangkat tersebut, data pengguna tidak akan dihapus.

Untuk komputer, kamera, dan perangkat lain yang berisi informasi penting, sebaiknya buat cadangan data sebelum Anda memperbarui perangkat lunak perangkat Nokia agar file tidak hilang.

Catatan: Nokia sangat menyarankan agar Anda terus memperbarui aplikasi dan perangkat lunak perangkat.

Catatan: Kemampuan perangkat lunak perangkat Nokia tidak dapat dialihkan ke versi sebelumnya. Setelah meningkatkan kemampuan perangkat, Anda tidak akan dapat mengembalikannya ke versi sebelumnya.

Catatan: Menggunakan perangkat atau Pembaruan Perangkat Lunak Nokia untuk memperbarui perangkat lunak perangkat tidak akan menghilangkan jaminan. Persyaratan dan ketentuan jaminan standar Nokia berlaku.

Catatan: Kemampuan perangkat dan perangkat lunak perangkat Nokia tidak dapat dialihkan ke versi sebelumnya. Setelah meningkatkan kemampuan perangkat, Anda tidak akan dapat mengembalikannya ke versi sebelumnya.

Catatan: Sewaktu memperbarui perangkat, panggilan dapat dibuat dan diterima saat perangkat lunak di-download, namun panggilan akan diakhiri tanpa peringatan sebelumnya bila tahap pembaruan dimulai.

Memperbarui perangkat lunak perangkat tidak akan mempengaruhi status penguncian jaringan perangkat Nokia (disebut juga penguncian SIM).
Aplikasi
Beberapa perangkat juga dilengkapi aplikasi “Pembaruan Aplikasi” atau “Pembaruan Perangkat Lunak” yang secara otomatis akan memeriksa pembaruan aplikasi untuk Anda.

Aplikasi yang diinstal melalui “Download!” juga dapat diperbarui menggunakan aplikasi “Download!” tersebut.

Beberapa perangkat juga dilengkapi aplikasi “Pembaruan Aplikasi” atau “Pembaruan Perangkat Lunak” yang secara otomatis akan memeriksa pembaruan aplikasi untuk Anda.

Aplikasi yang diinstal melalui “Download!” juga dapat diperbarui menggunakan aplikasi “Download!” tersebut.
Kembali ke atas
APA SAJAKAH PERSYARATAN UNTUK MELAKUKAN PEMBARUAN?

Pembaruan menggunakan PC
PC dilengkapi prosesor 1GHz atau yang lebih tinggi dan kompatibel dengan Pentium
Minimal 512 MB RAM (memori) kosong
Windows 7, Windows XP atau Windows Vista (64 bit, Home dan Professional). Sistem operasi lainnya (termasuk Mac dan Linux dengan emulator Windows) dapat berfungsi, namun belum diuji.
Hak administrasi di PC sewaktu menginstal
Sambungan Internet kecepatan tinggi
Perangkat Nokia yang kompatibel dengan kartu SIM (dan pengisi daya jika diperlukan – pembaruan tidak akan berjalan jika daya baterai tidak cukup)
Kabel sambungan USB Nokia yang kompatibel. Gunakan kabel USB yang diberikan bersama paket penjualan perangkat Nokia. Jika tidak memiliki kabel, Anda dapat menemukan daftar kabel yang kompatibel dengan model perangkat di dukungan situs Web Nokia dalam bagian Aksesori. Catatan: Jika diminta, gunakan modus Nokia, Normal, atau PC Suite.
Port USB yang kompatibel di PC. Catatan: Sambungkan kabel USB langsung ke PC. Jangan gunakan Hub USB.

Pembaruan menggunakan perangkat


Perangkat yang kompatibel (untuk metode pembaruan yang tersedia untuk perangkat, lihat http://www.nokia.co.id/softwareupdate)
Memori bebas minimal 10 MB
Account kartu SIM yang digunakan untuk membuat sambungan data atau Internet
Opsional: Akses ke jaringan WiFi. Jika menggunakan perangkat untuk melakukan pembaruan dan perangkat Nokia mendukung Wi-Fi, Anda dapat menggunakan WLAN untuk tersambung ke Internet dan melakukan pembaruan.
Kembali ke atas
PERANGKAT APA YANG DIDUKUNG?

Daftar perangkat yang saat ini didukung terdapat pada halaman Download Perangkat Lunak Perangkat. Jika perangkat Nokia tidak tercantum dalam daftar, periksa kembali daftar karena produk baru ditambahkan secara rutin.
Kembali ke atas
MASALAH SEBELUM MELAKUKAN PEMBARUAN
MENGAPA PERANGKAT LUNAK BARU UNTUK PERANGKAT SAYA TIDAK DAPAT DIPEROLEH?

Ketersediaan pembaruan didasarkan pada berbagai hal, antara lain versi perangkat lunak perangkat Nokia yang ada, negara, dan operator. Salah satu variabel tersebut mungkin mempengaruhi ketidaklayakan perangkat Nokia untuk menerima pembaruan.

Perlu diketahui bahwa penyedia layanan atau operator selular mungkin tidak menyetujui perangkat lunak perangkat Nokia terbaru yang tersedia.

Nokia membuat banyak variasi yang berbeda untuk setiap produk (untuk berbagai negara dan bahasa) dan tidak semua variasi dilengkapi perangkat lunak perangkat Nokia terbaru. Kami mengutamakan pembaruan semua variasi secepat mungkin. Maaf jika terjadi keterlambatan.

Perangkat lunak baru mungkin tersedia pada tanggal berikutnya. Untuk memperoleh pemberitahuan bila perangkat lunak baru tersedia untuk perangkat Anda, daftar ke My Nokia, lalu berlangganan pemberitahuan email atau SMS.
Kembali ke atas
BAGAIMANA CARA MEMERIKSA PERANGKAT LUNAK BARU?

Mendaftar ke My Nokia

Buka My Nokia, lalu berlangganan pemberitahuan email atau SMS agar kami dapat menginformasikan bila perangkat lunak baru tersedia untuk perangkat Anda.

Menggunakan perangkat

Ketik *#0000# di layar awal telepon atau buka Manajer perangkat (lihat buku petunjuk jika diperlukan).

Pilih Pilihan > Periksa pembaruan.

Ikuti perintah di layar hingga pembaruan selesai!

Perangkat tertentu (antara lain Nokia N79, Nokia N85, Nokia E75, Nokia 5630 XpressMusic, Nokia 5730 XpressMusic, dan Nokia 6720 Classic) juga dilengkapi aplikasi “Software Checker” atau “Pembaruan Perangkat Lunak” yang secara otomatis akan memeriksa pembaruan.

Menggunakan PC

Anda dapat menyambungkan perangkat ke Pembaruan Perangkat Lunak Nokia, lalu menjalankan aplikasi. Aplikasi akan menjalankan pemeriksaan terlebih dulu, lalu memberitahukan Anda bila terdapat pembaruan yang tersedia.

Anda juga dapat memeriksa secara online pada halaman ‘Pembaruan dapat dilakukan?’.
Kembali ke atas
PEMBARUAN PERANGKAT LUNAK NOKIA TIDAK DIINSTAL DENGAN BENAR. APA YANG DAPAT DILAKUKAN?

Jika pesan "Driver kabel berada pada status tertunda" ditampilkan sewaktu menginstal aplikasi PC Pembaruan Perangkat Lunak Nokia, terima penginstalan driver kabel konektivitas.

Masalah penginstalan lainnya dapat terjadi jika Anda menginstal Nokia PC Suite versi lama di PC. Pastikan Anda telah menginstal Nokia PC Suite versi terbaru yang dapat di-download dari http://www.nokia.co.id/pcsuite.
Kembali ke atas
PEMBARUAN PERANGKAT LUNAK NOKIA TIDAK DAPAT DIAKTIFKAN. APA YANG DAPAT DILAKUKAN?

Pastikan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia tidak berjalan di latar belakang:
Di PC, tekan CTRL, ALT & DEL > Task Manager
Pilih tab Processes, lalu klik kepala kolom Image Name
Gulir daftar proses yang berjalan untuk melihat apakah nsu_ui_client.exe atau nsl_host_process.exe ditampilkan.
Jika ya, klik End Process
Setelah itu, aktifkan ulang Pembaruan Perangkat Lunak Nokia 

Cara lainnya, periksa pengaturan firewall:


nsu_ui_client.exe dan nsl_host_process.exe harus dibolehkan mengakses Internet melalui firewall 

Jika laptop dilengkapi klien VPN (Virtual Private Network) (misalnya, untuk mengakses intranet perusahaan dari rumah), pastikan Anda memperbaruinya atau menonaktifkannya untuk sementara.

Masalah pengaktifan lainnya dapat terjadi jika Anda menginstal Nokia PC Suite versi lama di PC. Pastikan Anda telah menginstal Nokia PC Suite versi terbaru yang dapat di-download dari http://www.nokia.co.id/pcsuite.

Jika laptop dilengkapi klien VPN (Virtual Private Network) (misalnya, untuk mengakses intranet perusahaan dari rumah), pastikan Anda memperbaruinya atau menonaktifkannya untuk sementara.

Masalah pengaktifan lainnya dapat terjadi jika Anda menginstal Nokia PC Suite versi lama di PC. Pastikan Anda telah menginstal Nokia PC Suite versi terbaru yang dapat di-download dari http://www.nokia.co.id/pcsuite.
Kembali ke atas
MENGAPA PEMBARUAN PERANGKAT LUNAK NOKIA TIDAK MENDETEKSI PERANGKAT SAYA?

Terkadang driver pada perangkat Nokia dan kabel konektivitas yang terkait mungkin rusak.

Masalah pembaruan dan pendeteksian dapat terjadi jika Anda menginstal Nokia PC Suite versi lama di PC. Pastikan Anda telah menginstal Nokia PC Suite versi terbaru yang dapat di-download dari http://www.nokia.co.id/pcsuite.

Untuk mengatasinya, hapus instalan, lalu instal ulang Pembaruan Perangkat Lunak Nokia dan Nokia PC Suite versi terbaru:
Pada Control Panel di PC, buka Add/Remove programs
Hapus instalan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia (jika terdapat beberapa entri, hapus semua instalan)
Hapus instalan Nokia PC Suite
Kunjungi http://www.nokia.co.id/pcsuite untuk men-download dan menginstal Nokia PC Suite versi terbaru
Kunjungi http://www.nokia.co.id/softwareupdate untuk men-download dan menginstal Pembaruan Perangkat Lunak Nokia terbaru 
Kembali ke atas
BAGAIMANA CARA MENGHAPUS INSTALAN PEMBARUAN PERANGKAT LUNAK NOKIA DARI PC?

Pada Control Panel di PC, buka Add/Remove programs:
Hapus instalan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia (jika terdapat beberapa entri, hapus semua instalan)
Periksa direktori berikut (Anda dapat menghapus instalan jika ada):
C:\Program Files\Common Files\Nokia\Service Layer
C:\Program Files\Nokia\Pembaruan Perangkat Lunak Nokia
C:\Documents and Settings\All Users\Application Data\Nokia\Nokia Service Layer 
Kembali ke atas
MASALAH SAAT PEMBARUAN BERLANGSUNG
LAYAR PERANGKAT TIDAK MENAMPILKAN APAPUN SAAT PEMBARUAN BERLANGSUNG. APAKAH HAL INI NORMAL?

Ya, layar perangkat Nokia tidak menampilkan apapun saat pembaruan berlangsung. Jangan lepaskan perangkat sekarang.

Layar perangkat akan kembali normal setelah Pembaruan Perangkat Lunak Nokia memberikan laporan "Pembaruan perangkat lunak selesai".
Kembali ke atas
NOKIA PC SUITE MEMBERITAHUKAN BAHWA SAMBUNGAN PERANGKAT TERPUTUS. APAKAH HAL INI NORMAL?

Nokia PC Suite versi lebih lama (6.8.3 atau yang lebih lama) mungkin menampilkan pesan "Sambungan Nokia [nomor model] melalui USB terputus". Setelah pembaruan selesai, perangkat Nokia akan kembali ditampilkan sebagai tersambung.

Untuk mengatasinya, download dan instal Nokia PC Suite versi terbaru dari http://www.nokia.co.id/pcsuite atau situs Web Nokia setempat.
Kembali ke atas
SAYA MENERIMA PESAN KESALAHAN SEWAKTU MENGGUNAKAN PEMBARUAN PERANGKAT LUNAK NOKIA. APA YANG HARUS DILAKUKAN?
"Tidak menemukan telepon yang didukung"
Hal ini mungkin terjadi karena:


Perangkat Nokia dinonaktifkan.
Perangkat Nokia tidak tersambung dengan benar. (Pastikan kabel data USB yang kompatibel telah tersambung antara PC dan perangkat Nokia, ikon "USB tersambung" telah ditampilkan di layar telepon, dan modus USB PC Suite telah dipilih).
Model perangkat Nokia tidak didukung oleh Pembaruan Perangkat Lunak Nokia.
Jenis model tertentu (misalnya, jika diberikan oleh operator dan dilengkapi fungsi khusus operator yang telah diinstal sebelumnya) tidak didukung oleh Pembaruan Perangkat Lunak Nokia
Tidak ada sambungan Internet atau sambungan diblokir oleh firewall maupun Virtual Private Network. 

"Pembaruan perangkat lunak tidak tersedia"


Hal ini berarti perangkat lunak perangkat Nokia versi baru saat ini tidak tersedia untuk produk khusus Anda.
Perlu diketahui bahwa penyedia layanan atau operator selular mungkin tidak menyetujui perangkat lunak perangkat Nokia terbaru yang tersedia.
Nokia membuat banyak variasi yang berbeda untuk setiap produk (untuk berbagai negara dan bahasa) dan tidak semua variasi dilengkapi perangkat lunak perangkat Nokia terbaru. Kami mengutamakan pembaruan semua variasi secepat mungkin. Maaf jika terjadi keterlambatan. Namun demikian, segera periksa kembali karena perangkat lunak baru mungkin tersedia pada tanggal berikutnya.
Untuk memeriksa apakah perangkat lunak Anda merupakan perangkat lunak terbaru, baca "Bagaimana cara memeriksa perangkat lunak baru?"

"Sambungan ke Telepon Terputus"

Perangkat Nokia tidak dapat dideteksi.

"Sambungan ke Telepon Terputus"

Perangkat Nokia tidak dapat dideteksi.
Sambungkan kembali kabel USB.
Klik Coba lagi untuk melanjutkan pembaruan perangkat 

"Pemulihan telepon"

Terdapat dua pesan pemulihan yang berbeda, tergantung pada perangkat Nokia. Ikuti petunjuk di layar yang akan membantu membuat sambungan antara Pembaruan Perangkat Lunak Nokia dan perangkat Anda.

Phone Recovery >

"Pemulihan telepon"

Terdapat dua pesan pemulihan yang berbeda, tergantung pada perangkat Nokia. Ikuti petunjuk di layar yang akan membantu membuat sambungan antara Pembaruan Perangkat Lunak Nokia dan perangkat Anda.

Phone Recovery >
Keluarkan baterai dan lepaskan pengisi daya dari perangkat. Lepaskan kabel USB.
Masukkan baterai dan sambungkan pengisi daya. Sambungkan kembali kabel USB.
Tekan tombol daya pada perangkat selama beberapa detik.
Tekan tombol daya pada perangkat selama beberapa detik. Klik Coba lagi untuk melanjutkan pemulihan perangkat. 

Phone Recovery >


Keluarkan baterai dan lepaskan pengisi daya dari perangkat. Lepaskan kabel USB.
Masukkan baterai dan sambungkan pengisi daya. Sambungkan kembali kabel USB.
Klik Coba lagi untuk melanjutkan.
Tekan tombol daya pada perangkat. 

"Pembaruan perangkat lunak gagal"

Hal ini mungkin terjadi karena:

"Pembaruan perangkat lunak gagal"

Hal ini mungkin terjadi karena:
Kartu SIM tidak dimasukkan. Masukkan kartu SIM yang valid.
Sambungan daya atau Internet terputus saat pembaruan berlangsung. Pembaruan tersebut mungkin telah berhasil. Keluarkan baterai. Jika ternyata perangkat lunak belum diperbarui, coba lagi.
Profil Offline atau Penerbangan pada perangkat diaktifkan. Tekan sebentar tombol daya, lalu pilih profil "Umum". 

"Download perangkat lunak gagal"

Hal ini mungkin terjadi karena:

Sambungan Internet maupun jaringan terputus atau lambat. (Sebaiknya jangan gunakan sambungan dial-up terkait dengan ukuran file yang akan di-download.)

Periksa kabel dan sambungan Internet lainnya.

"Sambungkan pengisi daya"

Daya baterai tidak cukup. Sambungkan perangkat Nokia ke pengisi daya agar pembaruan PC dapat dimulai.

"Terjadi kesalahan pada modul internal"

"Download perangkat lunak gagal"

Hal ini mungkin terjadi karena:

Sambungan Internet maupun jaringan terputus atau lambat. (Sebaiknya jangan gunakan sambungan dial-up terkait dengan ukuran file yang akan di-download.)

Periksa kabel dan sambungan Internet lainnya.

"Sambungkan pengisi daya"

Daya baterai tidak cukup. Sambungkan perangkat Nokia ke pengisi daya agar pembaruan PC dapat dimulai.

"Terjadi kesalahan pada modul internal"
Di PC, pilih Start > Run
Ketik " regsvr32 c:\winnt\system32\msxml4.dll " dalam kolom Open, lalu klik OK
Jika masalah berlanjut, hapus instalan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia di PC melalui Control Panel > Add/Remove Programs, lalu instal ulang Pembaruan Perangkat Lunak Nokia tersebut. 
Kembali ke atas
SAYA MENERIMA PESAN KESALAHAN SEWAKTU MENGGUNAKAN PERANGKAT UNTUK MELAKUKAN PEMBARUAN. APA YANG HARUS DILAKUKAN?

"Server jauh tidak merespons"

Kemungkinan besar perangkat Nokia tidak dapat tersambung ke Internet atau server tidak tersedia. Masalah konektivitas Internet dapat terjadi karena beberapa hal, antara lain kegagalan jaringan sementara pada Internet atau jaringan operator maupun pengaturan jalur akses pada aplikasi pembaruan perangkat (atau browser Web) tidak ada atau salah. Perlu diketahui bahwa jika perangkat mendukungnya, Anda juga dapat menggunakan WiFi untuk tersambung ke Internet dan melakukan pembaruan.

Anda juga harus memiliki pengaturan Server Pembaruan yang diprogram di perangkat. Pengaturan ini dapat berupa pengaturan khusus operator (untuk petunjuk, hubungi operator Anda) atau pengaturan Nokia standar seperti ditampilkan di bawah ini:

Ketik *#0000# di layar awal telepon atau buka Manajer perangkat (lihat buku petunjuk jika diperlukan).

Pilih Pilihan > Profil server > Pilihan > Profil server baru > Salin = TidakNama Server     Nokia
ID Server     Nokia
Sandi server     firmupservpass
Jalur akses     [pilih jalur akses yang dikehendaki]
Alamat host     https://dms.update.nokia.com/dms/omadm
Port     443
Nama pengguna     nokiams
Sandi DM     nokiamspass
Bolehkan konfigurasi     Ya
Terima otomatis semua permintaan     Ya


"Pembaruan dibatalkan oleh server" atau "Pembaruan tidak diizinkan. Hubungi penyedia layanan."

Perangkat Nokia mungkin tidak dapat mengirim pesan yang diminta atau dikehendaki oleh server atau penyedia layanan tidak membolehkan pembaruan. Jika demikian, server dapat memutuskan sambungan. Tunggu sebentar, lalu coba lagi. Jika gagal, hubungi penyedia layanan Anda.

"Telepon sedang diperbarui. Coba lagi nanti"

Tahap pembaruan akan aktif hingga sambungan Internet diputus. Tunggu sebentar, lalu coba lagi. Pastikan perangkat Nokia tidak memiliki sambungan Internet lain. Misalnya, Anda tidak sedang meng-upload atau men-download selain pembaruan ini.

"Tidak ada sambungan jaringan. Tidak dapat men-download."

Perlu diketahui bahwa jika perangkat mendukungnya, Anda juga dapat menggunakan WiFi untuk tersambung ke Internet dan melakukan pembaruan.
Kembali ke atas
APLIKASI FIREWALL PC MEMBERIKAN PERINGATAN SAAT PEMBARUAN PC BERLANGSUNG. APAKAH HAL INI NORMAL?

Aplikasi firewall dapat beragam, namun jika diminta, Anda harus membolehkan proses berikut:
nsl_host_process.exe
nsu_ui_client.exe
Kembali ke atas
MASALAH SETELAH MELAKUKAN PEMBARUAN
SAYA MENERIMA PESAN "PEMBARUAN SELESAI", NAMUN TIDAK ADA AKTIVITAS YANG TERLIHAT DI PERANGKAT. APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Keluarkan baterai, lalu lepaskan kabel lainnya. Masukkan kembali baterai, lalu tekan tombol daya.
Kembali ke atas
PERANGKAT "TIDAK AKTIF" SAAT PEMBARUAN BERLANGSUNG. APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Biasanya, layar perangkat Nokia tidak menampilkan apapun saat pembaruan berlangsung.

Namun, hal tersebut mungkin terjadi karena sambungan antara aplikasi Pembaruan Perangkat Lunak Nokia dan perangkat Nokia terputus dan layar perangkat tidak merespons.
Lepaskan perangkat Nokia dari kabel USB, lalu keluarkan baterai selama 5 detik.
Masukkan kembali baterai, lalu tekan terus tombol daya pada perangkat selama 1 detik.
Sambungkan kembali perangkat Nokia ke kabel USB, lalu tunggu selama 10 detik.
Jalankan kembali Pembaruan Perangkat Lunak Nokia 

Jika perangkat Nokia tidak merespons, coba pulihkan perangkat dengan memformatnya:


Tekan terus tombol berikut pada perangkat: 3,  and *
Tekan tombol daya pada perangkat selama 1 detik
Tekan terus 3, , dan * hingga nada pengaktifan perangkat berbunyi. 

Jika tetap tidak merespons:


Bawa perangkat Nokia ke pusat Nokia Care terdekat. Jika perangkat masih dalam masa jaminan, Nokia akan memperbaiki perangkat berdasarkan persyaratan dan ketentuan jaminan yang berlaku.
Catatan: Jika masa jaminan perangkat Nokia telah berakhir, Nokia tidak bertanggung jawab atas kehilangan apapun seperti dijelaskan dalam Perjanjian Perangkat Lunak Pengguna-Akhir. Untuk informasi rinci, kunjungi http://www.nokia.co.id/repair. 
Kembali ke atas
MENGAPA BAHASA PERANGKAT BERUBAH SETELAH PEMBARUAN?

Setelah pembaruan, perangkat Nokia akan diaktifkan ulang dalam bahasa awal. Untuk mengubah bahasa, buka Pengaturan > Telepon > Umum > Bahasa telepon.

Jika pada awalnya perangkat Nokia dibuat untuk digunakan di negara atau wilayah lain, maka menggunakan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia dapat mengalihkan kumpulan bahasa perangkat yang tersedia ke bahasa awal yang ditetapkan sebelumnya.

Jika bahasa yang dikehendaki tidak lagi tersedia setelah menggunakan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia, Anda harus kembali membawa perangkat Nokia ke pusat Nokia Care agar bahasa tersebut diinstal ulang.
Kembali ke atas
BAGAIMANA CARA “MENGATUR ULANG” PERANGKAT LUNAK PERANGKAT?

Untuk melihat manfaat terbaru atau mengatasi kemungkinan masalah lainnya, perangkat lunak perangkat tertentu harus diatur ulang.
Pastikan Anda telah menginstal Nokia PC Suite versi terbaru.
Buat cadangan memori perangkat di PC menggunakan Nokia PC Suite
Salin file (musik, video, dokumen, foto, dll.) dari hard drive Nokia N91 ke PC (sebaiknya gunakan penyimpanan massal USB).
Salin file penginstalan awal SISX, Java, dll. untuk aplikasi, tema, dll. dari hard drive Nokia N91 atau kartu memori ke PC. (Jangan salin hanya dari direktori/file yang diinstal.)
Jika perangkat dilengkapi hard drive internal, format hard drive perangkat Nokia dengan memilih Peralatan > Hard drive > Pilihan > Format hard drive > Format cepat (petunjuk terdapat dalam buku petunjuk).
Setelah perangkat diaktifkan ulang sepenuhnya, atur ulang memori perangkat dengan memilih Menu > Peralatan > Pengaturan > Telepon > Umum > Pengaturan Awal Telepon, lalu memasukkan 12345.
Kembalikan memori perangkat dari PC menggunakan Nokia PC Suite dengan memilih Cadangkan dari menu PC Suite, lalu memilih Kembalikan.
Salin konten hard drive maupun kartu memori dari kartu memori Anda atau PC ke hard drive atau kartu memori yang kosong.
Instal ulang aplikasi/tema. 
Kembali ke atas
MENGAPA KODE KEAMANAN PERANGKAT BERUBAH SETELAH PEMBARUAN?

Setelah menggunakan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia, berbagai pengaturan (termasuk kode keamanan) akan diatur ulang ke default untuk memastikan pengoperasian yang benar. Masukkan kode keamanan default 12345. Anda dapat mengubah kode keamanan di lain waktu.
Kembali ke atas
SAYA TIDAK DAPAT TERSAMBUNG KE NOKIA PC SUITE SETELAH PEMBARUAN.

Buka Manajer Sambungan Nokia dari PC Suite (pilihan Kelola Sambungan), lalu pastikan pilihan USB telah dicentang.
Kembali ke atas
APAKAH DUKUNGAN LAIN UNTUK PEMBARUAN TERSEDIA?

Untuk dukungan dan bantuan di antara pengguna, lihat Diskusi Dukungan Nokia di http://www.nokia-asia.com/get-support-and- software/discussions.

Banyak pengguna terdaftar yang memiliki pengalaman dalam memperbarui perangkat Nokia dan Anda dapat menemukan jawaban atas pertanyaan yang Anda ajukan.

Untuk menerima bantuan secara perorangan dari Nokia Customer Care, buat panggilan atau kirim email ke pusat kontak Nokia Care setempat. Untuk informasi rinci, lihat Pusat Nokia Care.
Kembali ke atas

Nokia untuk Bisnis
Oper
erangkat lunak perangkat Nokia yang baru diluncurkan secara rutin, namun perlu diketahui bahwa tidak semua negara dan operator mendukung versi terbaru. Untuk mengetahui versi perangkat lunak yang tersedia untuk perangkat Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cari nomor versi perangkat dan jalankan pembaruan

Langkah 1

Mulai masukkan kode ini menggunakan papan tombol perangkat Nokia

*#0000#

Catatan: Kode mungkin tidak berfungsi pada semua perangkat. Untuk petunjuk rinci tentang cara mengetahui versi perangkat lunak pada perangkat tertentu, lihat buku petunjuk.

Langkah 2

Jika dapat memilih Pilihan, Anda dapat segera Memeriksa pembaruan dan melakukan pembaruan hanya menggunakan perangkat. Anda tidak perlu melakukan langkah berikutnya.

Atau, layar akan menampilkan nomor versi perangkat lunak saat ini (misalnya, V 12.3.456). Catat nomor ini. Anda akan memerlukannya untuk menyelesaikan langkah berikutnya.

Langkah 3

Untuk mengetahui perangkat lunak perangkat terbaru yang tersedia, Anda memerlukan kode produk perangkat. Kode tercetak pada label putih di bawah baterai (misalnya, CODE: 0520001).

KENALI BLACKBERRY KAMU

Kenali dan Pecahkan Masalah BlackBerry Kamu! (bag 1)

Ditulis oleh luxboy pada 19 May, 2010 | Kategori: BlackBerry
BlackBerry BoldSebagai pengguna BlackBerry tentunya Anda pasti pernah mengalami yang namanya browsing lemot (lambat), proses download terputus di tengah jalan, upgrade OS, menghapus aplikasi, menghapus theme, mengubah pesan signature email, memisahkan inbox untuk SMS/MMS dan inbox untuk email, dsb.
Masalah tersebut bisa dibilang wajar, mengingat BlackBerry merupakan gadget canggih yang baru “IN” beberapa bulan terakhir.  Tips yang akan kami berikan kali ini bisa jadi akan sangat membantu Anda dalam mengatasi masalah pada BlackBerry.
Kadang-kadang untuk browsing internet memakan waktu yang lama, atau proses downloading aplikasi tiba-tiba terputus di tengah jalan
Kemungkinan besar disebabkan kualitas sinyal sedang tidak bagus. Bagus tidaknya sinyal bisa dilihat melalui grafik indikator sinyal di sisi kanan atas layar. Jika indikator sinyal berupa grafik batang, ubah tampilan indikator tersebut menjadi indikator angka untuk mempermudah pembacaan sinyal. Caranya: Tekan tombol ALT diikuti dengan menekan tombol N – M – L – L secara berurutan. Jika angka indikator tidak berada di antara -40 dan -100 Dbm, berarti kekuatan sinyal kurang bagus.
BlackBerry tiba-tiba melambat performanya dan di layar jadi sering muncul tanda jam pasir
BB sering hang atau seringnya muncul tanda jam/jam pasir di layar display bisa disebabkan karena memori RAM handset sudah melewati batas minimum yang diperbolehkan. Lakukan reset sebagai jalan keluarnya agar kapasitas memori RAM kembali normal. Ada 2 cara untuk me-reset BlackBerry. Pertama: Hard reset dengan cara mencopot baterai saat handset dalam keadaan menyala lalu pasang kembali setelah beberapa detik. Kedua: Soft reset, tekan ALT + CAPS (kanan) + DEL secara bersamaan.
Bagaimana cara mengecek memori BlackBerry? Apa benar memori BlackBerry pasti akan mengalami penurunan?
Kapasitas memori RAM handset akan drop dalam jangka waktu tertentu. Ini adalah hal yang normal mengingat selama BB aktif, berbagai pengoperasian fitur dan aplikasi telah dilakukan. Untuk mengecek kapasitas memori RAM handset tekan tombol ALT + CAPS + H bersamaan. Scroll layar ke bawah dan lihat angka File Free. Usahakan angka File Free ini jangan sampai berada di bawah 5MB (atau 12MB pada beberapa handset), karena dapat menyebabkan kinerja handset terganggu atau hang.
Ada handset BlackBerry yang memori-nya drop sangat cepat, sehingga harus melakukan reset terus-menerus dalam waktu yang singkat
Jika File Free atau kapasitas memori RAM drop dengan cepat, kemungkinan masalahnya ada pada OS (Operating System) handset tersebut. Kemungkinan OS yang digunakan tidak stabil atau ada ksealahan saat meng-install OS. Lakukan upgrade atau downgrade OS yang terpasang untuk mengetahui benar tidaknya. Kunjungi situs-situs khusus pengguna BlackBerry untuk mencari informasi mengenai OS.
Bagaimana cara upgrade OS? Bagaimana cara memilih OS yang paling sesuai untuk BlackBerry?
Informasi yang cukup akurat soal rilisan OS yang terbaik untuk BB bisa didapatkan melalui forum diskusi antara pengguna BlackBerry di beberapa situs. Contohnya www.crackberry.com atau www.blackberryos.com. Usahakan memilih OS yang sesuai antara vendor (operator) yang merilis OS dengan vendor resmi handset (dapat dilihat melalui logo operator pada bodi handset)
Apakah versi update OS lebih baik dari versi sebelumnya?
OS rilisan terbaru belum tentu lebih baik dari versi sebelumnya. Tidak ada yang bisa memastikannya sebelum OS tersebut di-install dan diuji ke handset secara langsung. OS rilisan yang sama belum tentu baik untuk handset dengan tipe yang sama. Untuk menguji baik tidaknya OS yang sudah ter-install, lakukan pengamatan pada kestabilan memori, kemampuan menangkap sinyal, koneksi ke jaringan dan koneksi bluetooth. Gunakan aplikasi self-test untuk melakukan pengujian. Caranya: Masuk ke menu Options – Status, ketik T – E – S – T, lalu ikuti petunjuk untuk menguji performa BB.
Bagaimana mengubah pesan signature yang selalu menyertai setiap email yang dikirimkan dari BlackBerry?
Untuk mengubah signature email ini, buka terlebih dahulu aplikasi Email Settings. Pilih akun email untuk meng-edit signature. Ubah teks pada boks signature dengan teks apapun yang Anda inginkan. Atau baca artikel lengkapnya disini
Inbok untuk pesan-pesan SMS/MMS menyatu dengan inbox untuk pesan email. Bisakah memisahkan inbox untuk SMS/MMS dan inbox untuk email?
Di dalam fitur Message masuk ke Options – General Options, pada opsi SMS and Email Inboxes pilih Separate.
Posting-posting dari BlackBerry Messenger dan Yahoo Messenger juga muncul di dalam inbox message. Bagaimana caranya agar posting-posting ini tidak muncul di inbox Message?
Posting dari aplikasi Instant Messaging muncul juga di dalam inbox Message adalah hal yang pasti terjadi, terutama pada BB yang masih baru saja diaktifkan. Untuk mengubah setting ini, masuk ke Options di menu utama aplikasi, lalu hilangkan tanda centang pada opsi Show Chats In Messages Application.
Bagaimana cara menghapus aplikasi dan themes dari BB?
Sekarang sudah semakin banyak aplikasi dari pihak ketiga yan tersedia untuk BlackBerry. Aplikasi tersebut terlihat sangat menarik dan memancing untuk di-download. Selain aplikasi, pilihan themes yang berguna untuk mempercantik tampilan layar handset pun banyak tersedia. Jika merasa ada yang sudah tidak diperlukan, sebaiknya dihapus untuk menghemat memori. Untuk menghapus aplikasi atau themes yang sudah tidak terpakai, masuk ke Options – Advanced Options – Applications. Pilih aplikasi atau themes yang ingin dihapus, lalu pilih Delete dari menu.
Semoga tips-tips kali ini berguna bagi Anda pengguna Blackberry.